Search

Trump 'Hukum' Perancis via Pajak Anggur, UE Siap Membalas

Trump 'Hukum' Perancis via Pajak Anggur, UE Siap Membalas

Jakarta, CNBC Indonesia - Hubungan Uni Eropa dengan AS bisa memanas kembali. Uni Eropa siap "merespons dengan cara yang sama" jika AS mengenakan tarif baru pada Perancis karena pajak digital.

Hal ini diungkapkan oleh Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk, seperti dikutip dari CNBC International, Sabtu (24/8/2019).


Berbicara dalam pertemuan para pemimpin G-7 di Biarritz di Perancis, Donald Tusk mengatakan jika Presiden Donald Trump menggunakan tarif untuk alasan politik maka itu bisa menjadi risiko bagi seluruh dunia, termasuk Uni Eropa, Reuters melaporkan.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump siap membalas Perancis jika negara pusat mode ini mengenakan pajak digital kepada perusahaan-perusahaan teknologi AS. Trump mengatakan siap memajaki anggur Perancis.

Trump 'Hukum' Perancis via Pajak Anggur, UE Siap MembalasFoto: REUTERS/Yves Herman

Donald Trump mengatakan ia bukanlah penggemar berat perusahaan teknologi AS tetapi ia menganggap perusahaan tersebut adalah perusahaan hebat.

"Terus terang saya tidak inin Prancis mengenakan pajak perusahaan kami. Jika mereka melakukan itu ... kami akan mengenakan pajak pada anggur mereka, pajak yang belum pernah mereka lihat sebelumnya," ujar Donald Trump seperti dikutip dari Reuters.


Presiden Perancis Emmanuel Macron sudah mengumumkan pajak digital pada perusahaan teknologi besar seperti Facebook, Google dan Amazon. Alasannya, keadilan sosial.

Prancis menggunakan aturan sendiri untuk memajaki Google dan perusahaan teknologi lainnya, tak ikut dengan aturan pajak yang diterapkan Uni Eropa.


Mereka memungut pajak sebesar 3% pada perusahaan teknologi yang memiliki pendapatan sebesar 25 juta euro dari Perancis dan 750 juta euro dari seluruh dunia.

Trump menyerang kebijakan ini sebagai aturan sebagai sebuah "kebodohan". Utusan Dagangan AS Robert Lighthizer telah mengumumkan penyelidikan atas pajak digital Perancis, yang disebutnya sebagai praktik perdagangan tidak adil yang menghukum perusahaan teknologi A.S karena keberhasilan komersial mereka.

Simak video tentang pajak digital di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trump 'Hukum' Perancis via Pajak Anggur, UE Siap Membalas"

Post a Comment

Powered by Blogger.