Search

Ini Rekam Jejak Sunarso, Dirut Baru Bank BRI

Ini Rekam Jejak Sunarso, Dirut Baru Bank BRI

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketika Sunarso kembali ke PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., dari jabatan sebelumnya Dirut PT Pegadaian (Persero) yang hanya bertahan setahun, ada sinyal bahwa sosok ini punya kans besar memimpin bank dengan aset terbesar di Indonesia ini.

Dan benar saja, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank BRI yang digelar Senin 2 September sore ini resmi menunjuk Sunarso sebagai Direktur Utama Bank BRI menggantikan posisi Suprajarto yang sebelumnya ditunjuk menjadi Dirut PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BBTN) tapi mengundurkan diri.

Sunarso sebelumnya sudah ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk menjadi Plt (pelaksana tugas) Dirut Bank BRI sementara sambil menunggu definitif posisi direktur utama dalam RUPSLB hari ini. Bank yang paling menguntungkan di Indonesia ini mencatatkan total aset sebesar Rp 1.228,19 triliun pada akhir Juni 2019.

Siapa sosok Sunarso ini?


Sebelum menjadi Wadirut BRI dan akhirnya dipilih menjadi Dirut BRI hari ini, Sunarso merupakan bankir yang membangun kariernya di Bank Dagang Negara (BDN). Setelah BDN dimerger dan bersalin nama menjadi Bank Mandiri, pria kelahiran Pasuruan 7 November 1963 ini melanjutkan karier di bank berlogo pita kuning ini.

Di Bank Mandiri, Sunarso merupakan bankir yang berprestasi. Salah satu prestasinya adalah berhasil menyusun skema pembiayaan kepada sektor kelapa sawit.

Pada 2010, pemegang saham Bank Mandiri memberikan mandat sebagai direksi Bank Mandiri. Ia menduduki jabatan sebagai direktur Commersial & Business Banking selama 5 tahun.

Pada 2015, Kementerian BUMN memberikan mandat bagi pada Sunarso. Ia ditunjuk sebagai Wakil Direktur Utama BRI mendamping Asmawi Syam yang ditunjuk sebagai direktur utama.

Sunarso tak sampai tuntas menjalankan amanat ini. Alumni Agronomi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan S2 Administrasi Bisnis, Universitas Indonesia ini hanya 2 tahun menjalani peran ini. Pada Oktober 2017, Kementerian BUMN menunjuk Sunarso sebagai Direktur Utama Pegadaian.

Ternyata Sunarso hanya bertahan satu tahun di Pegadaian, pada 3 Januari 2019, RUPSLB BRI menunjuknya kembali sebagai Wadirut BRI dan menjadi Dirut BRI per 2 September ini.

(tas)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Rekam Jejak Sunarso, Dirut Baru Bank BRI"

Post a Comment

Powered by Blogger.