Search

BI Effect Bikin Rupiah Hat Trick Melawan Riyal

BI Effect Bikin Rupiah Hat Trick Melawan Riyal

Jakarta, CNBC Indonesia - Rupiah berhasil mencatat penguatan tiga hari berturut-turut alias hat trick melawan riyal Arab Saudi pada perdagangan Jumat (23/8/19). Bank Indonesia (BI) yang memangkas suku bunga pada Kamis kemarin masih memberikan efek bagi Mata Uang Garuda.

Riyal pada hari ini melemah 0,13% ke level Rp 3.789, sementara dalam dua hari sebelumnya masing-masing melemah 0,16% dan 0,03% berdasarkan data Refinitiv.

BI pada Kamis kemarin memangkas suku bunga acuan 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,5%. Ini berarti BI menurunkan suku bunga dalam dua bulan berturut-turut.

"Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 21-22 Agustus 2019 memutuskan untuk menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 5,5%," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Gedung BI, Kamis (22/8/2019).

Harapan akan terakselerasinya laju pertumbuhan ekonomi Indonesia setelah suku bunga diturunkan dua kali memberikan sentimen positif terhadap rupiah.

Bank Sentral Arab Saudi juga melakukan hal yang sama pada bulan lalu. Pada Kamis 11 Juli Bank Sentral Arab Saudi memangkas suku bunga 25 bps ke level 2,75% guna memberikan stimulus ke perekonomian yang sedang terbebani harga minyak mentah yang belum stabil.


Sejak saat itu riyal mendapat momentum penguatan dan berada dalam tren menguat melawan rupiah, meski terkoreksi turun tiga hari terakhir. Sepanjang bulan Agustus riyal berhasil menguat 1,42%, tetapi sejak awal tahun atau secara year-to-date masih melemah 1,02%.

Berikut tabel pergerakan riyal melawan rupiah sepanjang bulan Agustus. 


TIM RISET CNBC INDONESIA

(pap/pap)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "BI Effect Bikin Rupiah Hat Trick Melawan Riyal"

Post a Comment

Powered by Blogger.