Search

Damai Dagang AS-China Tak Ada Harapan? Begini Kronologinya

Damai Dagang AS-China Tak Ada Harapan? Begini Kronologinya

Jakarta, CNBC Indonesia - Perang dagang antara dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia, yakni Amerika Serikat (AS) dan China, semakin memanas.

Sebenarnya, apa yang melatarbelakangi genderang perang terus ditabuh dan tak ada habisnya? Seperti dilansir dari AFP, ada 10 momen penting dalam pertempuran dagang antara AS dan China, begini kronologisnya:

2018
8 Maret: Tarif Baja, Aluminium
Presiden AS Donald Trump mengumumkan pengenaan tarif 25% pada impor baja dan 10% pada aluminium dari sejumlah negara dalam upaya untuk memangkas defisit perdagangan AS yang sangat besar, dan memulihkan produksi oleh perusahaan-perusahaan Amerika.

Defisitnya mencapai US$ 566 miliar pada 2017, di mana US$ 375 miliar adalah dengan China, produsen baja dan aluminium terbesar di dunia.

Genderang Perang Terus Ditabuh, Begini Kronologis AS vs ChinaFoto: REUTERS/Jonathan Ernst

22 Maret: Serangan China
Menjelang pemberlakuan tarif, Trump menangguhkan tarif untuk beberapa negara tetapi tidak untuk China.
Negeri Tirai Bambu merespons dengan daftar 128 produk AS yang katanya akan dikenakan bea masuk ke China sebesar 15-25% jika negosiasi gagal.

19 Mei: Tanda-tanda Reda
Kedua negara mengumumkan rancangan kesepakatan di mana China setuju untuk mengurangi surplus perdagangannya secara signifikan.

Pada minggu-minggu berikutnya, China membuat beberapa isyarat perdamaian, mengurangi bea cukai, mencabut pembatasan dan menawarkan untuk membeli barang-barang AS tambahan.


6 Juli: Perang Dagang Lagi
Meskipun demikian, Amerika Serikat mengenakan bea 25% atas impor China senilai US$ 34 miliar, termasuk mobil, hard disk, dan suku cadang pesawat.

Di sisi lain, China juga mengenakan tarif dengan ukuran dan cakupan yang sama, termasuk produk pertanian, mobil, dan produk kelautan.

23 Agustus: Eskalasi
Washington mengenakan tarif pada barang Cina senilai $ 16 miliar lainnya, sehari setelah negosiasi dilanjutkan.

China menerapkan tarif 25% untuk barang-barang AS senilai US$ 16 miliar, termasuk sepeda motor Harley-Davidson, bourbon, dan jus jeruk.

Pada 24 September, Washington memberikan pajak 10% atas impor China senilai US$ 200 miliar. China pun mengenakan bea masuk atas produk-produk AS senilai US$ 60 miliar.

1 Desember: Gencatan Senjata
Washington menunda selama tiga bulan rencana kenaikan tarif menjadi 25% dari 10% yang akan dimulai 1 Januari dengan barang-barang China senilai US$ 200 miliar.

China setuju untuk membeli sejumlah produk AS yang sangat substansial dan menangguhkan tarif tambahan yang ditambahkan ke mobil dan suku cadang buatan AS selama tiga bulan mulai 1 Januari. Ini memungkinkan impor beras Amerika.

Genderang Perang Terus Ditabuh, Begini Kronologis AS vs ChinaFoto: Aides memberi isyarat ketika Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer, Wakil Perdana Menteri China dan perunding perdagangan Liu He, dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin berbaris untuk foto sebelum sesi pembukaan perundingan perdagangan di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing, Kamis, (14/2/2019). (Mark Schiefelbein / Pool via REUTERS)

2019
10 Mei: Permusuhan Berlanjut
Washington mengakhiri gencatan senjata dengan meningkatkan bea masuk atas impor Cina senilai US$ 200 miliar.

Trump membuka front baru dalam perang pada 15 Mei, yang melarang perusahaan-perusahaan AS menggunakan peralatan telekomunikasi asing yang dianggap sebagai risiko keamanan - sebuah langkah yang ditujukan pada raksasa Cina Huawei.

Kementerian Perdagangan AS juga mengumumkan larangan efektif terhadap perusahaan AS yang menjual atau mentransfer teknologi AS ke Huawei.

Pada 20 Mei ia mengeluarkan penangguhan hukuman 90 hari atas larangan tersebut.

Genderang Perang Terus Ditabuh, Begini Kronologis AS vs ChinaFoto: Pertemuan G-20 Trump-Xi (REUTERS/Kevin Lamarque)

1 Agustus: Sanksi Baru AS
Setelah gencatan senjata singkat diumumkan pada Juni, Trump menuduh Beijing mengingkari janji untuk membeli produk pertanian AS dan menghentikan penjualan opioid fentanyl. Dia mengumumkan tarif baru 10% untuk barang-barang China senilai US$ 300 miliar mulai 1 September. (Sekitar setengah dari tarif itu kemudian ditangguhkan hingga 15 Desember).

Itu berarti hampir semua US$ 660 miliar dalam perdagangan tahunan antara dua ekonomi terbesar di dunia akan dikenakan bea masuk.

5 Agustus: Currency War
China memungkinkan yuan jatuh di bawah 7,0 poin terhadap dolar AS untuk pertama kalinya dalam 11 tahun. AS menuduh China memanipulasi mata uangnya untuk membantu ekspornya, tuduhan yang dibantah oleh bank sentral China.

23 Agustus: Tarif Baru Produk AS Oleh China
China mengumumkan akan mengenakan tarif baru pada barang-barang AS senilai US$ 75 miliar sebagai pembalasan atas kenaikan tarif yang direncanakan Washington.

Tarif yang dikenakan 5-10% akan mulai berlaku pada 1 September dan 15 Desember, bersamaan dengan tarif AS yang baru.

Trump merespons dengan cepat. Di Twitter dia "memerintahkan" perusahaan-perusahaan AS untuk mulai mencari alternatif produksi di China.

Dia kemudian mengumumkan, tarif yang direncanakan atas barang-barang China senilai US$ 300 miliar akan dinaikkan menjadi 15% mulai dari 1 September, serta kenaikan tarif yang ada dari 25% menjadi 30% mulai 1 Oktober. (hps/hps)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Damai Dagang AS-China Tak Ada Harapan? Begini Kronologinya"

Post a Comment

Powered by Blogger.