Search

Simak Nih, Pernyataan Sri Mulyani Soal Ketidakberesan Global

Simak Nih, Pernyataan Sri Mulyani Soal Ketidakberesan Global

Jakarta, CNBC Indonesia - Ekonomi global masih dirundung awan hitam. Perang dagang antara AS-China, currency wars, hingga masalah krisis yang terjadi di Argentina dan negara-negara lain. Hal itu mengakibatkan negara berkembang seperti Indonesia 'batuk-batuk'.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kondisi global yang tidak menentu ini telah membuat para pembuat kebijakan dunia meresponsnya dengan kompak.

"IMF merevisi proyeksi ekonomi dunia, tadinya 3,7% kemudian turun jadi 3,5% dan akhirnya terakhir 3,2%. Bank Dunia juga sama, tidak hanya growth (pertumbuhan ekonomi) global melemah, ini akibat persaingan internasional antara negara besar," kata Sri Mulyani dalam Opening Ceremony Capital Market Summit & Expo 2019 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Jumat (23/8/2019).

Menurut dia, Indonesia harus mewaspadai perkembangan global tersebut. Sementara, lanjut Sri Mulyani, dari sisi domestik ada tantangan tersendiri di mana harus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi serta perbaikan kesejahteraan masyarakat secara adil.

"Fokus pemerintah hari ini memusatkan kebijakan kepada Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga Indonesia bisa menghindari diri dari middle income trap (jebakan negara berpendapatan menengah) dan memperbaiki fundamental ekonomi terutama dari sisi produktivitas dan daya saing," tutur Sri Mulyani.

[Gambas:Video CNBC] (dru/miq)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Simak Nih, Pernyataan Sri Mulyani Soal Ketidakberesan Global"

Post a Comment

Powered by Blogger.