Search

Awal 2020, Google Cloud Siap Buka Data Center di RI

Awal 2020, Google Cloud Siap Buka Data Center di RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Google Cloud akan membuka data center pertamanya di Indonesia pada awal 2020. Indonesia dipilih sebagai wilayah ke-21 untuk investasi data center ini yang akan menjadi komputasi awan (cloud) guna melayani wilayah di regional Asia Tenggara.

Regional Director
South East Asia Google Cloud Tim Synan mengatakan masuknya Google Cloud ke Indonesia mengingat potensi pertumbuhan industri di negara ini besar.

Potensi itu salah satunya ditunjukkan dengan banyak munculnya perusahaan-perusahaan startup (rintisan) di Indonesia, yang sudah dan akan mengakselerasi perusahaannya.


"Google Cloud Region akan tersedia di Indonesia pada paruh pertama 2020. Kami bekerjakeras untuk menghadirkan segera," kata Synan di dalam gelaran Google Cloud Summit di JIExpo Convention Center and Theatre, Kemayoran, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Nantinya cloud di Indonesia akan mengkonfigurasi tiga zona ketersediaan dengan servis yang akan diberikan seperti sistem komputasi, penyimpanan, data base services dan networking services termasuk interkoneksi cloud.

Pusat data di Jakarta ini nanti akan menyediakan sistem baru milik Google Cloud yakni BigQuery. Sistem ini akan memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pola karakter konsumen secara personal menggunakan big data yang sudah dimiliki menggunakan sistem yang sudah disediakan.

Synan menjelaskan, keunikan menggunakan cloud untuk bisnis bisa membuat perusahaan melakukan transformasi digital. Transformasi digital yang dimaksud adalah membantu perusahaan menjadi lebih mengerti dan menyediakan pelayanan sesuai dengan karakter konsumen.

Selain itu, penggunaan komputasi awan ini juga dinilai akan meningkatkan bisnis proses dan meningkatkan cara melayani konsumen melalui costumer service.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara
 menegaskan pemerintah menyambut baik kehadiran Google Cloud di Indonesia. Ini mengingat hanya ada 20 lokasi data center Google di dunia dan Indonesia akan menjadi salah satunya.

"K
ita jadi keluarga, hanya ada 20 lokasi di dunia yang menjadi data center dan di Indonesia salah satunya," kata Rudiantara dalam gelaran Google Cloud Summit di JIExpo Convention Center and Theatre, Kemayoran, Jakarta, Kamis (5/9/2019). 

Pada April lalu, Google memang mengumumkan membuka data center Google Cloud Region di Indonesia pada 2020 nanti. Rencana ini diumumkan dalam konferensi Google Cloud Next di San Francisco, pada 10 April lalu. Lokasinya ditetapkan di Jakarta guna mendukung ekspansi bisnis Google secara global, khususnya di Asia.

(tas)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Awal 2020, Google Cloud Siap Buka Data Center di RI"

Post a Comment

Powered by Blogger.