Search

Rudiantara Sebut 1 Unicorn Lagi Siap Lahir, Siapa Dia?

Rudiantara Sebut 1 Unicorn Lagi Siap Lahir, Siapa Dia?

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menegaskan tahun ini akan ada lagi satu perusahaan rintisan atau startup yang akan menjadi unicorn alias startup yang memiliki valuasi di atas US$ 1 miliar (sekitar Rp 14 triliun).

"Saya kolaborasi dengan unicorn Indonesia untuk accelerate the bird of upcoming unicorn. 2019 ini akan ada satu unicorn lagi," katanya dalam gelaran Google Cloud Summit di JIExpo Convention Center and Theatre, Kemayoran, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Ke depan, menurut Rudiantara, pemerintah akan mengakselerasi 1.000 startup program agar bisa maju. "Google juga punya (kewajiban) untuk memajukan startup Indonesia untuk bisa jadi next startup," jelasnya.


Pemerintah memang berkomitmen untuk mendukung startup Indonesia menjadi kandidat unicorn ke-5 Indonesia setelah sudah ada setidaknya empat startup unicorn Indonesia yakni Bukalapak, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka. Adapun Grab, yang berkantor pusat di Singapura, sudah masuk decacorn, atau valuasi di atas US$ 10 miliar.

Sayangnya Rudiantara belum mengungkapkan siapa calon unicorn tersebut. Dalam beberapa pemberitaan sebelumnya, tersiar kabar beberapa nama siap menjadi unicorn Indonesia, di antaranya Tiket.com, OVO (startup financial technology), TaniHub (e-commerce pertanian), Ruang Guru (pendidikan), Ralali (toko online), dan Modalku (fintech).

Lebih lanjut Rudiantara mengatakan pemerintah juga menyambut baik kehadiran Google Cloud di Indonesia. Ini mengingat hanya ada 20 lokasi data center Google di dunia dan Indonesia akan menjadi salah satunya.

"Kita jadi keluarga, hanya ada 20 lokasi di dunia yang menjadi data center dan di Indonesia salah satunya," kata Rudiantara.

Pada April lalu, Google memang mengumumkan membuka data center Google Cloud Region di Indonesia pada 2020 nanti. Rencana ini diumumkan dalam konferensi Google Cloud Next di San Francisco, pada 10 April lalu. Lokasinya ditetapkan di Jakarta guna mendukung ekspansi bisnis Google secara global, khususnya di Asia.

Menkominfo menegaskan dengan ramai munculnya perusahaan start-up atau rintisan, pemerintah terus mendorong data center. "Kita tidak bisa avoid cloud services [menghindari layanan cloud] terutama start-up. Dan ini future Indonesia ekonomi."

(tas)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rudiantara Sebut 1 Unicorn Lagi Siap Lahir, Siapa Dia?"

Post a Comment

Powered by Blogger.