Search

Viral Aplikasi Truecaller dan Percakapan Grup WhatsApp Anak STM

Viral Aplikasi Truecaller dan Percakapan Grup WhatsApp Anak STM

Jakarta, CNBC Indonesia - Netizen (warganet) tanah air sedang heboh tangkapan layar (screen shoot) percakapan WhatsApp anak STM yang demo di depan DPR pada Senin (30/9/2019) dan aplikasi Truecaller.

Dalam tangkapan layar percakapan grup WhatsApp yang dilihat CNBC Indonesia, Selasa (1/10/2019), para peserta demo yang disebut-sebut anak STM sedang membicarakan soal bayaran untuk aksi demo yang tak kunjung dibayarkan.


Beberapa netizen mencoba mencari tahun nomor ponsel yang ada dalam grup WhatsApp tersebut menggunakan aplikasi TrueCaller dan disebut sebagaikan dalam aplikasi tersebut, nomor telepon tersebut milik aparat Kepolisian.

Lalu apa itu aplikasi TrueCaller? Aplikasi asal Swedia ini ditujukan untuk mengidentifikasi nomor telepon anonim yang belum tersimpan di ponsel. Tujuannya, untuk menghindari panggilan telepon mengganggu seperti marketing kartu kredit atau produk-produk keuangan lainnya.

Aplikasi Truecaller & Viral Percakapan Grup WhatsApp STMFoto: Truecaller (Truecaller.com)

Aplikasi ini dibuat oleh Nami Zarringhalam dan Alan Mamedi pada 2019. Mengutip NDTV, manajemen mengklaim aplikasi ini sudah didownload 500 juta kali dengan 150 juta pengguna aktif harian dan 1 juta pengguna berbayar.

Mengutip Lifewire, aplikasi ini bekerja dengan mengumpulkan nomor telepon yang mendownload aplikasi ini. Maklum, salah satu persyaratan yang diminta ketika pertama kali mendownload aplikasi ini adalah memberikan izin pada aplikasi untuk merekam nomor telepon yang ada di ponsel.


Selain itu, aplikasi juga mengumpul nomor telepon yang dilaporkan oleh pengguna ke aplikasi untuk dihindari. Namun cara pengumpulan nomor telepon ini mengandung bahaya privasi pengguna karena merekam nomor telepon orang lain.
Lanjut ke halaman 2 >>>
(roy/dru)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Viral Aplikasi Truecaller dan Percakapan Grup WhatsApp Anak STM"

Post a Comment

Powered by Blogger.